Bahaya Merokok


Merokok adalah kebiasaan yang buruk bagi kesehatan. Banyak penyakit akibat rokok yang merupakan penyebab kematian, seperti emfisema,g, kanker bronchitis kronis, jantung, pendarahan otak, kanker paru-paru, kanker mulut, kanker laring, kanker kerongkongan, kanker pancreas, dan kanker ginjal.

Rokok mengandung jutaan partikel karbon yang merupakan racun bersifat karsigonik (penyebab kanker). Nitrogen oksida dan sulfur dioksida yang ada didalamnya akan mengurangi keelastisan jaringan paru-paru. Akibatnya alveolus sebagai tempat pertukaran udara menjadi rusak.

Rokok bukan hanya berbahaya bagi si perokok, tapi juga bagi orang yang tidak merokok yang menghirup asap rokok atau bias kita sebut perokok pasif. Penelitian menunjukan bahwa anak yang orang tuanya merokok lebih berisiko menderita bronchitis, pneumonia, infeksi telinga, batuk, dan mengalami penurunan kapasitas paru-paru.

Hampir setiap perokok yang mengetahui bahaya merokok, tidak dapat menghentikan kebiasaan buruk itu, hal tersebut karena didalam rokok terdapat zat adiktif yang dapat mempengaruhi orang untuk terus merokok atau candu. Karena itu, sekali mencoba untuk merokok, maka akan sulit untuk menghentikannya. Jadi jauhilah rokok. Jangan pernah mencoba-coba untuk merokok. Sayangilah diri dan orang-orang disekitar anda.

0 Responses

    Demi Masa

    Follow me

    Silahkan Komentar di sini