Hari Akhir

Rukun iman yang kelima adalah percaya kepada hari Akhri atau hari kiamat. Hari kiamat adalah hari berakhirnya kehidupan di dunia. Kita wajib mempercayainya atau meyakini akan datangnya hari akhir. Tidak ada seorang pun yang tahu kapan hari akhirnya akan datang. Hanya Allah saja yang Maha Mengetahuinya.

Hari akhir adalah rahasia Allah yang pasti akan terjadi dan tidak ada seorang pun makhluk yang mengetahui kapan hari itu datang. Kita sebagai seorang muslim hanya wajib mempercayai akan datangnya hari tersebut dan mepersiapkan bekal untuk menghadapi hari tersebut.

Firman Allah SWT:

Artinya: “Dan sesungguhnya hari kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya dan bahwasannya Allah membangkitkan semua dari dalam kubur” (Q.S Al-Hajj:7)

Kiamat itu terjadi ketika Malaikat Israfil meniupkan sangkakala yang pertama, ketika itu seluruh alam beserta isinya hancur binasa, termasuk kita umat manusia. Tidak satupun makhluk yang hidup.

Kemudian manusia dibangkitkan kembali dari alam kubur untuk di hisab/dihitung segala amal perbuatannya ketika hidup di dunia oleh Allah SWT. Hal ini perlu mengetahui apakah manusia masuk surga atau neraka. Peristiwa-peristiwa sejak hancurnya alam semesta hingga saat berlangsungnya perhitungan amal ini disebut hari kiamat.

Usman bin Hasan Asy Syahr al Khaubawi dalam kitabnya Durratun Nasihin menjelaskan tanda-tanda hari akhir menurut hadis Rasulullah saw., antara lain:

  1. Islam hanya tinggal namanya saja
  2. Agama tinggal tulisannya saja
  3. Alquran tinggal bacaannya saja
  4. Mereka meramaikan masjid-masjid, sedangkan masjid-masjid itu kosong dari dzikir kepada Allah SWT
  5. Para ulama mengeluarkan fitnah dan kepada mereka pula kembalinya
  6. Asap memenuhi ruang antara timur dan barat, dan tetap ada selama 40 hari, kemudian orang mukmin seperti terkena flu, sedang orang kafir seperti mabuk, sementara asap keluar dari hidung, telinga dan dubur mereka.
  7. Dajjal, dajjal adalah bencana terbesar, tidak ada bencana yang seperti itu sebelumnya sejak zaman Nabi Adam a.s sampai hari kiamat
  8. Munculnya binatang melata di Mekah, di sisi Bukit Safa, bisa berbicara dengan fasih dan akan memenuhi permukaan bumi dengan keadilan
  9. Turunnya Nabi Isa a.s di Syam dan akan membunuh dajjal
  10. Keluarnya Yakjuz dan Makjuj. Mereka ada dua golongan yaitu golongan kecil dan golongan besar. Sekarang mereka di seberang tanggul yang di bangun oleh Zulkarnain
  11. Adanya tiga gerhana di timur, barat, dan Jazirah Arab
  12. Keluarnya api dari Yaman yang menghalau manusia menuju tempat penghimpunan mereka
  13. Manusia tidak malu memakan uang riba
  14. Banyak anak-anak yang dilahirkan dari hasil perzinaan
  15. Menangnya orang munkar atas orang yang benar
  16. Zakat dianggap sebagai kerugian
  17. Laki-laki mematuhi istrinya
  18. Anak durhaka terhadap ibunya
  19. Anak lebih dekat dengan kawannya daripada ayahnya
  20. Laki-laki di hormati karena diikuti kejahatannya bukan karena sesuatu di sisi Allah dan lain sebagainya.

0 Responses

    Demi Masa

    Follow me

    Silahkan Komentar di sini