Cinta Sepanjang Masa (Khadijah)


 Ia adalah wanita yang terus hidup dalam hati suaminya sampaipun ia telah meninggal dunia. Tahun-tahun yang terus berganti tidak dapat mengikis kecintaan sang suami padanya. Panjangnya masa tidak dapat menghapus kenangan bersamanya di hati sang suami. Bahkan sang suami terus mengenangnya & bertutur tentang andilnya dlm ujian, kesulitan& musibah yg dihadapi. Sang suami terus mencintainya dg kecintaan yg mendatangkan rasa cemburu dr istri yg lain, yg dinikahi sepeninggalnya. Dialah wanita skaligus istri shalihah yg patut di tauladani oleh para istri skr dlm ketaatanya kpd Allah jg kpd suami. dialah Khadijah binti Khuwailid bin Asad bin ‘Abdul ‘Uzza bin Qushai. wanita yg pertama kali dinikahi oleh Rasulullah.


Bersamanya khadijah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membina rumah tangga harmonis yg terbimbing dg wahyu di Makkah. Saat menikah, Khadijah radhiyallahu ‘anha berusia 40 tahun sementara Rasulullah berusia 25 tahun. Saat itu ia merupakan wanita yang paling terpandang, cantik dan sekaligus kaya.  khadijah menikah dg Rasulullah tak lain krn mulianya sifat beliau, krn tingginya kecerdasan & indahnya kejujuran beliau. Padahal saat itu sudah banyak para pemuka dan pemimpin kaum yang hendak menikahinya. Ia adl wanita terbaik sepanjang masa. Ia selalu memberi semangat & keleluasaan pd Rasulullah utk mencari kebenaran. Ia sendiri yang menyiapkan bekal untuk Rasulullah saat beliau menyendiri dan beribadah di gua Hira’. Seorang pun tidak akan lupa perkataannya yang masyhur yang menjadikan Nabi merasakan tenang setelah terguncang.  dan merasa bahagia setelah bersedih hati ketika turun wahyu pada kali yang pertama.

 “Demi Allah, Allah tidak akan menghinakanmu selama-lamanya. Karena sungguh engkau suka menyambung silaturahim, menanggung kebutuhan org yg lemah, menutup kebutuhan org yang tidak punya, menjamu dan memuliakan tamu, dan engkau menolong setiap upaya menegakkan kebenaran.” (HR. Muttafaqun ‘alaih)

Pun, saat suaminya menerima wahyu yg kedua berisi perintah utk mulai berjuang mendakwahkan agama Allah & mngajak pd tauhid,  ia adalah wanita pertama yang percaya bahwa suaminya adalah utusan Allah dan kemudian menyatakan keislamannya tanpa ragu-ragu dan bimbang sedikit pun juga. Khadijah termasuk salah satu nikmat yang Allah anugerahkan pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dia mendampingi beliau selama 1/4 abad, menyayangi beliau di kala resah, melindungi beliau pd saat" yg kritis. Dia ( khadijah ) Yang selalu memperhatikan diwaktu ibadah, makan pakaian dan tidurnya. Yang menolong beliau dalam menyebarkan risalah, mendampingi beliau dalam menjalankan jihad yang berat, khadijah juga rela menyerahkan diri dan hartanya pada beliau ( rasulullah ).

Suatu kali ‘Aisyah r.a berkata pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam setelah beliau menyebut-nyebut Khadijah, .“Seakan-akan di dunia ini tdk ada wanita lain slain Khadijah?!” Mk beliau brkt kpd ‘Aisyah, “Khadijah itu begini& begini.”(HR. Bukhari) Dalam riwayat Ahmad pada Musnad-nya disebutkan bahwa yang dimaksud dengan “begini dan begini” adalah | khadijah
 “Ia (khadijah) beriman kepadaku ketika semua orang kufur, ia membenarkan aku ketika semua orang mendustakanku, ia (khadijah) melapangkan aku dengan hartanya ketika semua orang mengharamkan (menghalangi) aku, dan Allah memberiku rezeki berupa anak darinya.” (Mazin bin Abdul Karim Al Farih dlm kitabnya Al Usratu bilaa Masyaakil) 

Krnnya saudariku muslimah, jika engkau ingin hdp dlm hati suamimu maka sertailah dia dlm mencintai & menegakkan agama Allah. sertailah dia dlm suka & dukanya. Jadilah engkau seperti Khadijah hingga engkau kelak mendapatkan apa yg ia dapatkan. sebagaimana yang diriwayatkan dalam Shahih Bukhari, Jibril mendatangi rasulullah seraya berkata,  “Wahai Rasulullah, inilah Khadijah yg dtg sambil membawa bejana yg di dalamnya ada lauk atau makanan atau minuman Jika dia ( khadijah ) dtg, sampaikan salam kpdnya dr Rabb-nya,& sampaikan kabar kpdnya tentang sebuah rumah di surga, yang di dalamnya tidak ada suara hiruk pikuk dan keletihan.”

Saudariku muslimah, maukah engkau menjadi Khadijah yang berikutnya?

Sekian dulu profil singkat khadijah r.a seorang wanita skaligus istri shalihah pejuang agama, smoga bisa menjadi tauladan.

Dan cukuplah para istri rasulullah, para istri" sahabat yg dijadikan suri tauladan krn mrk hidup & menegakkan hukum Allah dg kaffah.

0 Responses

    Demi Masa

    Follow me

    Silahkan Komentar di sini