Rufayda perawat prajurit


Rufayada bin As’ad atau yang terkenal dengan sebutan Rufayda Al-Aslamiyah, merupakan perawat pertama dalam islam. Ia hidup pada masa Nabi Muhammad saw. Peranannya dalam dunia medis sangat penting untuk merawat prajurit yang terluka dalam perang Badar.

Rufayda belajar pengetahuan medis dari ayahnya, Sa’ad Al-Aslamy, yang juga seorang dokter. Ia sering membantu ayahnya mengobati pasien. Pada akhirnya, ia yang sarat pengalaman, mengabdikan diri dalam bidang yang dikuasainya. Ia menjadi seseorang yang andal dalam bidangnya yaitu dunia medis.

Dalam praktiknya, ia sering menjalankan keahliannya di rumah sakit lapangan berbentuk sebuah tenda. Saat itu, Nabi Muhammad saw memerintahkan untuk membawa anggota pasukan yang terluka ke rumah sakit lapangan tersebut. Selain pandai dalam bidang medis, Rufaydah dikenal sebagai sosok yang empatik.

Tak hanya itu, Rufayda merupakan seorang organisatoris perempuan lainnya dan menjadi seorang pekerja sosial. Biasanya, ia membantu memecahkan masalah-masalah sosial yang terkait dengan penyakit.
0 Responses

    Demi Masa

    Follow me

    Silahkan Komentar di sini