Sangat berbahaya merokok di mobil


Wellington, Minggu-Para ilmuan peneliti Selandia Baru mengimbau agar pemerintah mau mengeluarkan perarturan melarang merokok di dalam mobil, karena mengancam kesehatan penumpang lainnya yang tidak merokok, khususnya anak-anak, demikian dilaporkan oleh media setempat.

Pada saat seseorang merokok di dalam mobil dengan jendela terbuka maka udara yang masuk dan berada di dalam mobil tersebut dua kali lipat kadar polutannya. Akibatnya tingkat pencemaran dapat disamakan dengan sebuah kedai minum yag ramai pengungjung yang semuanya merokok. Demikian dikatakan oleh seorang ilmuwan dalam hasil penelitiannya yang dimut di majalah kedokteran Selandia Baru.

Ilmuwan peneliti dari Universitas Otago mengatakan merokok di dalam mobil sangat berbahaya bagi anak-anak yang organ paru-parunya masih tumbuh dan berkembang. Laporan hasil penelitian mengatakan sejumlah negara bagian Amerika Serikat telah memiliki undang-undang setempat yang melarang merokok di dalam kendaraan. Undang-undang itu sedang digodok dan dipersiapkan utnuk segera berlaku di New South Wales, Australia dan Ontario, Kanada.

Peneliti Richard Edward mengatakan dari hasil pemantauannya bersama sejumlah koleganya menunjukkan bahwa tingkat pencemaran udara di dalam mobil sangat tinggi, mana kala menghisap rokok duduk di bagian depan. sebatang rokok akan mengakibatkan semua penumpang menanggung resiko.

“Hasil penelitian tersebut menunjukkan dan menyarankan bahwa para perokok tidak dapat merokok didalam mobil. Hal ini dilakukan demi kesehatan dan keselamatan penumpang lainnya yang bukan perokok, terutama anak-anak yang masih rentan,” kata Richards Edwards menekankan. (ANTARA)

Sumber: Kompas, 30 Oktober 2006

0 Responses

    Demi Masa

    Follow me

    Silahkan Komentar di sini